Test Masuk POLBAN : UMPN, SMBM, JALUR PLN? APA BEDANYA?

advertise here
Sumber : PT PLN

Bismillaahirahmanirahiim
Pada postingan saya kali ini saya akan menjelaskan beberapa ujian masuk tulis untuk Politeknik Negeri Bandung tahun 2019.

Sebelumnya, pada tahun 2018, 2017, dst, ujian tulis masuk POLBAN hanya satu yaitu SMB POLBAN. Namun, di tahun 2019 ini untuk jalur tulis masuk POLBAN ada 3 yakni
1. UMPN ( Ujian Masuk Politeknik Negeri )
2. SMBM ( Seleksi Mahasiswa Baru Mandiri )
3. Jalur Kerjasama POLBAN – PT PLN

Mari kita bahas satu per satu!

1. Jalur UMPN
-Jalur UMPN ini mulai membuka pendaftaran pada tanggal 20 Mei s.d 20 Juni 2019
-Pelaksanaan ujian pada jalur UMPN ini yaitu pada tanggal 22 Juni 2019
-Pengumuman kelulusannya pada tanggal 27 Juni 2019
-Pada jalur ini kalian bisa ikut 2 bidang sekaligus yaitu rekayasa ( teknik ) dan non rekayasa ( non teknik ). Pada masing – masing bidang kalian bisa memilih dua prodi.

Misalnya kalian ikut 4 bidang sekaligus : non rekayasa kalian pilih prodi teknik kimia dan teknik konversi energi sedangkan di non rekayasa kalian memilih prodi Bahasa inggris dan akuntansi.

-Untuk biaya ujiannya. Jika kalian hanya memilih satu bidang saja maka biaya pendaftarannya adalah Rp 150,000 dan jika memilih dua bidang maka biaya pendaftarannya adalah Rp 300,000.

-Untuk materi yang diujikan pada bidang rekayasa itu Matematika, Fisika, Kimia, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris
-Untuk bidang non rekayasa yang diujikan adalah Matematika, Akuntansi, Ekonomi, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

2. Jalur SMBM
-Jalur SMBM ini mulai membuka pendaftaran pada tanggal 1 Juli 2019 s.d 13 Juli 2019
-Pelaksanaan ujian pada jalur SMBM ini yaitu pada tanggal 20 Juli 2019
-Pengumuman kelulusan jalur SMBM ini pada tanggal 23 Juli 2019
-Pada jalur SMBM ini sama seperti jalur UMPN yaitu kalian bisa memilih 2 bidang dan masing – masing bidang dapat memilih 2 prodi. Untuk biaya test tulisnya pun sama seperti jalur UMPN yaitu Rp 150,000 jika memilih satu bidang dan Rp 200,000 jika memilih dua bidang. Hanya saja ada penambahan biaya bagi kalian yang ikut test untuk prodi D-III atau D-IV Teknik Informatika.
-Untuk materi yang diujikan sama seperti jalur UMPN yaitu pada bidang rekayasa itu Matematika, Fisika, Kimia, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris
-Untuk bidang non rekayasa yang diujikan adalah Matematika, Akuntansi, Ekonomi, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

3. Jalur Kerjasama POLBAN – PT PLN
Pada jalur kerjasama ini test nya cukup banyak. Rangkaian testnya itu pendaftaran -> test tulis ->  test kesehatan -> wawancara -> daftar ulang.

Untuk timeline nya seperti berikut :

-Jalur kerjasama ini dibuka pendaftaran pada tanggal 22 April s.d 22 Juni 2019
-Ujian dilaksanakan pada tanggal 29 Juni 2019
-Pengumuman seleksi tahap pertama pada tanggal 1 Juli 2019
-Test kesehatan fisik dan lab pada tanggal 11 – 12 Juli 2019
-Test wawancara pada tanggal 23 – 24 Juli 2019
-Daftar ulang ( lulus utama ) pada tanggal 25 – 26 Juli 2019
-Daftar ulang ( lulus cadangan ) pada tanggal 27 Juli 2019

Untuk test kesehatan sendiri menurut saya pribadi itu test kebugaran seperti test lari, test kesehatan secara umum, dan mungkin ada test urine juga. Setelah lulus nanti akan diumumkan siapa – siapa saja yang lolos dan siapa saja yang masuk ke daftar cadangan. Jika peserta yang lolos utama tidak melalukan daftar ulang sesuai yang ditentukan, maka otomatis peserta cadangan akan diminta untuk daftar ulang ( peserta yang dipanggil saja )
Untuk biaya pendaftaran pada jalur kerjasama ini Rp 200,000 dan untuk uang tiap semesternya itu Rp 10,000,000/semester.
Pada test tulis jalur kerjasama ini, bidang yang diujikan sama seperti kedua test sebelumnya.

KESIMPULAN
Jadi kesimpulannya adalah….

-Pada tahun ini Politeknik Negeri Bandung mengadakan tiga ujian tulis masuk yaitu jalur UMPN, SMBM, dan jalur kerjasama dengan PT PLN.

-Sesuai dengan timeline pendaftaran, maka yang pertama membuka pendaftaran adalah jalur kerjasama dengan PT PLN dilanjut UMPN dan terakhir jalur SMBM.

-Pada ketiga jalur test masuk, mata pelajaran yang diujikan adalah sama yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris untuk bidang rekayasa ( teknik ) dan Matematika, Akuntansi, Ekonomi, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris untuk bidang non rekayasa ( non teknik ).

-Uang pendaftaran untuk UMPN dan SMBM adalah sama yaitu Rp 150,000/bidang. Dan pada jalur kerjasama PT PLN uang pendaftarannya adalah Rp 200,000.

-Pada jalur UMPN dan SMB belum tentu soal yang diujikan sama. Menurut saya pribadi soal yang akan muncul pada UMPN akan lumayan mirip dengan soal SMB. Tapi tentunya kalau mata pelajaran yang diujikan itu sama.
Sumber : instagram/@politekniknegeribandung


Mungkin itu yang bisa saya informasikan, saran saya ikuti ketiga – tiganya karena bisa jadi salah satu dari ketiga testnya adalah rezeki kalian! Pelajari soal – soal dari tahun sebelumnya juga!
Jika ingin bertanya lebih lanjut sila berikan komentar di bawah!!!
Terimakasih sudah berkunjung.

Click to comment