Mengapa Menjadi Volunteer? [Happy International Volunteers Day!]

advertise here

Menjadi volunteer atau sukarelawan merupakan pengalaman yang menarik bagi setiap orang. Pengalaman jauh berbeda dari keseharian di hiruk pikuknya kota, gemerlap lampu berkilauan, midnight sale yang membuat enggan untuk kantuk di malam hari, atau hal - hal lain dengan kesenangan. Begitu juga denganku, pengalaman pertama kali menjadi volunteer pasti sangat berkesan!
Terjun ke masyarakat, menemui permasalahan mereka, bercerita dengannya, memerhatikan tawa anak kecil, juga merasakan hangatnya minuman panas di suasana pedesaan yang dingin.

Tak kalah seru 'kan menjadi volunteer jika dibandingkan dengan jalan - jalan di mall?

Menurutku banyak pelajaran juga yang bisa didapat saat kita menjadi volunteer di suatu wilayah atau desa yaitu

1. Relasi
Volunteer pada umumnya berasal dari berbagai macam daerah yang disatukan dengan visi khusus dengan salah satu misinya yaitu teamwork. Dengan hal tersebut satu sama lain tentunya akan sering berkomunikasi, memecahkan permasalah yang ada untuk mewujudkan visi di awal pertemuan. Relasi akan terbentuk dengan sendirinya dan hal itu bisa berdampak baik bukan hanya saat kegiatan, namun selepas kegiatan.

2. Pengalaman
Pengalaman menjadi volunteer merupakan hal pasti yang akan didapat jika memutuksan untuk terjun dalam kegiatan seperti ini. Pengalaman secara umum akan didapat saat kegiatan dengan masyarakat, mengetahui adat dan budaya mereka atau pegalaman dengan sesama volunteer lain. Intinya, pengalaman menjadi volunteer akan sangat berkesan!


3. Merubah Dunia
That's a big thing! Ya, tapi nyatanya saat kalian memutuskan menjadi volunteer kalian setidaknya bisa merubah sepersekian persen dari kehidupan individu atau masyarakat dengan izin takdir tentunya. Pengalaman yang kalian bagikan ke suatu kelompok atau individu, atau inspirasi yang dibagikan akan membuat mata mereka terbuka dan terkesima seolah menjadi motivasi yang akan membuat mereka semangat untuk berkembang.


Menjadi volunteer bukan hal yang membosankan atau melelahkan karena harus bertarung dengan suasana baru. Namun menjadi volunteer adalah panggilan hati dengan semangat perubahan.

Untuk para volunteer yang telah menyumbangkan keringatnya, percayalah tenaga yang kalian keluarkan, segala peluh yang membasahi, atau setiap usaha untuk melukis senyum di wajah anak - anak merupakan hal besar yang akan merubah dunia ini.
Untuk para volunteer, tetaplah mengabdi menebarkan kebaikan dengan senyum kalian dengan hati ikhlas tanpa noda kepentingan pribadi.
Untuk para volunteer, mari bersama wujudkan mimpi yang terpendam, jangan biarkan alasan takut bermimpi menghiasi generasi muda yang jauh dari perkotaan.

Selamat Hari Relawan Internasional!
Happy International Volunteers Day! 







Click to comment