Lolos Volunteer Ekspedisi IYALE Institute?

advertise here
sumber : dokumentasi IYSE Pangandaran

Lanjutan postingan tentang IYALE Institute sebelumnya nih....

Tips lolos jadi volunteer?
Sebelum tips, hal terpenting itu baca dengan teliti requirements nya kayak usia pendaftar, pengisian form pendaftaran, syarat daftar : upload twibbon atau lainnya dan jangan lupa juga buat perhatikan fasilitas yang diberikan kayak tiket perjalanan dari titik kumpul, akomodasi, makan selama ekspedisi dan lainnya. Hal itu penting banget karena dikhawatirkan ada yang tidak sesuai dengan syarat atau keterangan tersebut.
sumber : iyale.institute
gambar keterangan timeline

Tips nya?
Sebenarnya, karena aspek apa aja yang dinilai gak diberitahu jadi ini semua pendapat saja ya. HEHE
Seleksinya tuh pas kemarin ekspedisi IYSE Volume 2 alurnya dimulai dari pendaftaran - kirim berkas - seleksi berkas - seleksi wawancara (jika lolos seleksi berkas) - pengumuman. Maka yang paling utama yaitu seleksi berkas. Tipsnya
1. Esai
Menurutku karena esai ini salah satu yang mendasari pola pikir kita maka hal ini penting. Ada peserta yang lolos jadi volunteer ekspedisi kemarin itu seorang penulis, dan pas baca esainya pun terstruktur dengan baik, pemilihan kata yang tepat, dan penjelasan esai yang jelas. Ada juga peserta yang lolos itu emang seneng bikin esai, suka ikut lomba esai juga. Jadi, esai hal penting nih

2. Deskripsi Program
Menurutku deskripsi program yang bakal dicanangkan nanti pun gak kalah penting. Coba buat program yang akan dicanangkan semenarik mungkin dengan deskripsi yang jelas juga tentunya.

3. Wawancara
Setelah lolos seleksi berkas, nantinya pihak IYALE Institute bikin jadwal wawancara peserta gitu, dan tips untuk wawancara ini ya jelaskan aja tentang apa yang ditanya pewawancara ( yaiyalah :( ). Hal yang terpenting di seleksi wawancara itu pastikan liat jadwal nama kalian kapan diwawancara dan tenang aja pas di wawancara (walaupun kemarin pas diwawancara deg-degan juga wkwk)

4. Menerima hasil dengan bijak
Setelah serangkaian proses selesai biasanya pengumuman peserta terpilih akan diumumkan segera, ya yang terakhir ini menerima hasil dengan bijak. It means kalo lolos bersyukur karena ini takdirnya dan kalaupun gak lolos ini pun takdir dan tunggu open volunteer selanjutnya hehe.

sumber : dokumentasi IYSE Pangandaran

Itu sih pendapatku tentang tips seleksinya. By the way, saya gak tau siapa tim seleksi IYALE Institute dan tips ini emang pendapat pribadi aja. Hehe
Tapi, coba aja buat daftar kalau ada open volunteer, siapa tau takdir kita buat lolos 'kan? Dan nikmati pengalaman yang menarik pas ekspedisi hehe. Nanti saya coba berbagi pengalaman juga tentang kegiatan ekspedisi di IYALE Institute ini yakk!! 

Click to comment