Chit Chat Dyk : Kesehatan di Indonesia?

advertise here

Chit Chat Dyk : Kesehatan di Indonesia?

Bismillaah.
Setelah meluncurnya 'Chit Chat Dyk' pada tanggal 10 November kemarin, maka hari ini saya coba mulai beropini tentang kesehatan di Indonesia sekaligus bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional!!

Sebelumnya, selamat Hari Kesehatan Nasional yang ke-54 yak! 

Bukankah menjadi cita - cita semua negara menjadi negara maju? Teknologi canggih, ekonomi yang baik, kesehatan yang baik pula, dan lainnya. Secara langsung maupun tidak langsung, kesehatan menjadi salah satu faktor penting dalam terwujudnya negara maju. Indonesia punya program yang fokus terhadap kesehatan, salah satunya adanya kartu Indonesia Sehat. Tapi, apa itu cukup?

Menurut saya, selain pemerintah dengan program - programnya, kita pun sebagai masyarakat rasanya sangat perlu melakukan pencegahan sebelum penyakit datang. Dengan apa?
Yaaaa... Bisa dengan melakukan hal yang sederhana, seperti

sumber : foodnavigator-asia.com

1. Biasakan mengkonsumsi air mineral dengan cukup per harinya.
2. Hindari kebiasaan buruk seperti : merokok, banyak makan junkfood, dan lainnya
3. Berolahraga minimal seminggu sekali. Di kostan juga bisa kok, yang penting berkeringat he he he
4. Cek kesehatan rutin meliputi tekanan darah, kadar gula darah, kolesterol, asam urat, juga berkonsultasi mengenai kesehatan pribadi
5. Asupan nutrisi yang baik. Sayuran dan buah juga penting nihh


sumber : pengertiankomplit.blogspot.com
Dan, kayaknya kesehatan itu bukan cuman masalah fisik aja. Tapi juga masalah mental juga. Jadi, hal - hal kayak always positif thinking, enjoy your life, nyempetin hangout di tengah - tengah padatnya kuliah itu bisa bantu juga kesehatan mental menurutku siihh. Dan hangout gak selalu pergi ke mall, jajan di Sushi Tei, nonton di XXI, atau kegiatan hedonisme lainnya, tapi cukup jalan - jalan biasa, atau nyari ilmu (with different ways) atau apapun yang emang bisa bikin santai.


sumber : tribunnews.com
Terus..... Beberapa waktu yang lalu, sempet baca di timeline LINE tentang dampak dari sungai Citarum. Kalian baca juga gaksih? Cukup viral, kok. Yang like and share banyak soalnya hehe.
Ya, jadi di postingannya tuh menjelaskan dampak dari sungai Citarum yang tercemar yang berakibat fatal ke masyarakat. Lumayan banyak sih dampaknya
Nah, yang menjadi sorotan di sini jadi bukan cuman langkah pencegahan terus pola hidup yang baik, tapi juga menjaga kesehatan lingkungan penting juga..... Anak - anak Kabupaten Bandung nih yang sering lewat Citarum pasti udah tau kan betapa kotornya sungai itu :') Well, kalo dirasa kita belum bisa ngebersihinnya, cukup dengan cara tidak mengotorinya.... Mind set sekarang kayaknya bukan cuman 'buang sampah pada tempatnya' aja deh, tapi 'jangan ada sampah ya' (enak gak sih kalimatnya? Haha) Intinya gimana caranya biar kita gak menghasilkan sampah dari apapun yang kita gunakan, ya memang terdengar ekstrim tapi coba deh. Misalnya : Kalau belanja ke minimarket cuman beli produk yang gampang dibawa usahakan gak usah pake plastik atau bawa goodybag, makan minum pake tempat yang reuse-able, gak usah pake sedotan plastik (sedotan metal murah kok, lebih mahal kuota kamu buat YouTube-an) dan lainnya.

So, jadi menurutku definisi kesehatan tuh luas banget bisa masalah fisik, mental, lingkungan, bahkan hal lain yang gak disebutkan di atas. Tapi semua aspek yang menjadi ruang lingkup kesehatan pasti sangat penting. Di Hari Kesehatan Nasional ini, saya (bukan anak kesehatan) mencoba berpendapat masalah kesehatan secara umum yang ditemui sekarang ini. Lalu, mencoba sedikit menyadarkan dengan kalimat sederhana terkait masalah kesehatan fisik, mental, dan lingkungan sekitar kita.

Gitu siihh... Terimakasih yang sudah membaca, silakan tuliskan pendapat kalian tentang kesehatan di Indonesia. Berpendapat yang positif sangat saya apresiasi.
Selamat Hari Kesehatan Nasional~

Click to comment