Cari Kostan Mahasiswa Baru

advertise here
sumber gambar : ahmadmushofihasan.wordpress.com

Bismillaah.
Assalamu'alaikum Warahmatullaah Wabarakatuh.
Welcome back!!

Oiya, Alhamdulillaah SBMPTN tahun 2018 udah ada ya pengumumannya? Congratulations buat kalian yang diterima di SBMPTN ini, dan yang belum rezekinya insyaallaah masih ada ujian mandiri dan test - test lainnya untuk kuliah. Tenang, karena takdir Allaah memiliki hikmah....

Berhubung beberapa siswa SMA/SMK sudah 'menjelma' menjadi MAHASISWA, dan mungkin ada sebagian dari kalian memutuskan untuk ngekost karena kuliah di luar kota, atau capek dengan macetnya kota wkwkwk. Saya sih termasuk yang 'capek dengan macetnya kota' hahaha
Buat yang pertama kali ngekost, ini nih ada beberapa saran untuk kalian wahai calon penghuni kost biar kostan yang kalian tempatin comfortable banget!!

1. PASTIKAN LOKASI KOST KAMU DEKET SAMA KAMPUS
Ya, ini pasti sih ya, karena kostan yang deket sama kampus kamu itu bisa menghemat biaya 'ongkos' kendaraan kalo kamu pake angkot atau motor, juga menghemat waktu, dan tenaga kalo kamu jalan kaki.
Kelebihan : Deket dengan kampus, hemat biaya, tenaga, dan waktu
Kekurangan : Biaya kost yang deket kampus biasanya lebih mahal apalagi fasilitas lengkap, dan biasanya kostan yang deket kampus tuh gampang laku, jadi siapa cepat dia dapat. Hehe

2. HARGA
Nah, yang gak kalah pentingnya adalah harga, udah disinggung sih di point sebelumnya tentang harga ini, cuman based on experience kalo kita serius nyarinya bisa kok dapet kostan murah dengan fasilitas lengkap. Biasanya kostan yang standar tuh kisaran 500rb - 600rb / bulan atau 5jt - 6jt / tahun, biasanya harga ini sudah ada fasilitas berupa kasur, lemari, dan meja.

3. FASILITAS
Fasilitas ini berbanding lurus dengan harga, semakin tinggi harga ya semakin lengkap juga fasilitasnya. Biasanya mahal atau murah kamar kost ditentukan oleh kamar mandi nya, kalo kamar mandi di dalam ruangan biasanya itu agak mahal dibandingkan dengan kamar mandi di luar ruangan. Selain itu, fasilitas wifi pun bisa menjadi salah satu alasan harganya kamar kost di beberapa tempat. Kalo temen - temen punya budget tinggi, ya sekitar 1juta per bulan, mungkin temen - temen udah bisa dapetin kamar yang fasilitasnya lengkap, terkadang harga 1juta perbulan ada fasilitas TV, AC, dan water heater.

4. PERHATIKAN LINGKUNGAN UMUM
Ini gak kalah penting cuy, karena kalian akan menjadi 'penghuni' baru di lingkungan baru otomatis dengan lingkungan pun kalian harus udah 'kenalan'. Selain lingkungan kayak tetangga kost, ibu kost, dan tetangga sekitar, yang gak kalah pentingnya juga akses warung, tempat makan, dan tempat ibadah. Buat kalian yang ingin hemat, masak sendiri sih lebih menekan pengeluaran untuk makan dibandingkan beli makanan di luar, juga lebih sehat.
Oiya, biasanya kostan tuh ada keterangan 'khusus laki-laki ; khusus perempuan ; campur' nah, saya saranin sih mending pilih yang ada embel-embel 'khusus' nya, karena lebih aman dari interaksi yang tidak diperbolehkan. Cari juga kostan which is ibu kost nya berada satu bangunan.

5. PILIH KOSTAN YANG BERSIH
Ini yang terakhir dan sangat penting, karena bakal menghabiskan waktu lama di kostan, maka kebersihan adalah yang utama. Pilih kostan yang sirkulasi udaranya baik, dan matahari dapat mudah masuk ke ruangan kita. Biasakan setiap minggu untuk menyapu ruangan kost kalian dan mengepelnya, kalo perlu tambahin juga hiasan berupa tanaman kecil untuk jadi 'temen hidup' kalian. haha

Buat kalian yang pengen kostan nyaman, fasilitas lengkap, harga murah, juga lingkungan yang baik sarannya sih cari dari jauh-jauh hari biar banyak pilihan dan pembanding. Tanya juga kaka tingkat kalian yang ngekost di daerah kampus kalian. Pilih juga kostan yang ada wifinya karena itu menunjang banget dalam ngerjain tugas-tugas dan streaming YouTube.












Click to comment